Kamis, 14 April 2011

Tokoh Pers 3 Zaman Rosihan Anwar Meninggal di RS MMC

Tokoh Pers 3 Zaman Rosihan Anwar Meninggal di RS MMC


Jakarta - Wartawan senior Rosihan Anwar menghembuskan nafas terakhir di usia 89 tahun, setelah selama 30 menit mengalami anfal. Rosihan meninggal di RS MMC Jakarta.

"Bapak Rosihan masuk ke UGD sekitar pukul 08.00 WIB. Kurang lebih pukul 08.15 WIB dinyatakan tidak ada," ujar Humas RS MMC kepada detikcom, Kamis (14/4/2011).

Sementara itu tokoh pers nasional Ilham Bintang mengatakan, Rosihan meninggal setelah beberapa waktu lalu menjalani operasi di RS Harapan Kita. "Meninggal pukul 08.15 WIB di RS MMC setelah setengah jam dia anfal. Jadi 24 Maret dia berhasil operasi bypass di RS Harapan kita, berhasil," terang Ilham pada detikcom.

Dia menambahkan, pada Rabu 13 April 2011, Rosihan diperbolehkan pulang. Sayang, pagi tadi, pria yang akrab disapa Pak Ros ini anfal sehingga dibawa ke RS MMC Jakarta. Hingga kemudian, dia menghembuskan nafas terakhirnya di sana.

Hingga pukul 09.06 WIB, jenazah Pak Ros masih berada di RS MMC. Rencananya, jenazah akan dibawa ke kediamannya di Jl Surabaya, Jakarta Pusat.

Selama ini, Pak Ros dikenal sebagai wartawan 3 zaman (zaman penjajahan, Orba dan reformasi) yang tangguh dan pantang menyerah. Di usianya yang senja, dia masih sering menghadiri berbagai forum, termasuk diskusi yang digelar Editors Club maupun menghadiri acara-acara bersama para pemimpin redaksi dan tokoh pers.

Pak Ros masih aktif mengomentari sesuatu dan kalimat yang ia ucapkan seringkali menyengat dan membuat tersenyum. Terkadang Pak Ros membuat kritikan pedas, terkadang membuat humor. Pak Ros juga masih aktif menulis kolom di sejumlah media massa.

Enam bulan lalu, Pak Ros ditinggal oleh istri tercintanya Siti Zuraida. Sang istri meninggal pada 5 September 2010. Saat melepas sang istri di TPU Karet, Rosihan tampak sangat berduka. Dia melepas sang istri dengan isak tangis didampingi tiga anaknya, Aida Fatia, Omar Luthfi, dan Nai.


+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++



Rosihan Anwar/IST

Wartawan senior Rosihan Anwar meninggal dunia Kamis pagi (14/4/2011) jam 08.15 WIB di Rumah Sakit MMC Jakarta dalam usia 89 tahun.

Demikian disampaikan tokoh pers Ilham Bintang di Jakarta.

Sebelumnya, istri dari almarhumah, Zuraida belum lama wafat, yakni 5 September 2010 di usia 87 tahun. Rosihan yang sangat dekat dengan istrinya tersebut sangat terpukul, namun melanjutkan hidupnya dengan mengingat nasihat salah satu cucunya agar bahwa hidup terus berjalan meski Ida lebih dulu pergi.

Awal bulan ini, Rosihan sempat masuk RS MMC karena dadanya sakit. Kamis (24/3/2011) lalu, ia lantas dioperasi jantung dengan metode by pass di RS Harapan Kita.


Selamat jalan, Pak Ros!

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More