Senin, 18 April 2011

Manfaat Berenang Untuk Ibu Hamil

Untuk Anda yang sangat menyukai berenang, teruskan kebiasaan ini meskipun sedang hamil. Berenang merupakan olahraga yang bisa dilakukan ibu hamil, kata Gillian Fletcher, pakar olahraga pasca persalinan seperti dilansir Babycentre.co.uk.

Namun demikian Fletcher mengingatkan, sebelum memulai olahraga air ini, konsultasikan dulu kondisi ibu hamil dengan dokter atau bidan.

Jika sebelum hamil Anda tak pernah berolahraga, Anda bisa mulai berenang, bahkan saat usia kehamilan memasuki trimester kedua.  Anda harus memulainya secara perlahan, lakukan peregangan sebelum dan setelah berenang, pemanasan dan pendinginan secara bertahap.

“Jangan berlebihan memaksa tubuh,” kata Fletcher.

Berenang adalah olahraga yang baik sebab aktivitas ini menggunakan dua kelompok besar otot (lengan dan kaki). Meskipun masuk kategori low-impact, berenang baik untuk kesehatan jantung dan paru-paru. Saat berenang, tubuh yang hamil terasa ‘lebih ringan’ karena ditopang oleh air. Meskipun berenang merupakan bentuk olahraga yang sangat aman, namun risiko terluka tetap ada, tetapi rendah.

Berbagai latihan aerobik memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh, misalnya meningkatkan kemampuan tubuh untuk memproses dan menggunakan oksigen yang penting bagi ibu dan janin.

“Olahraga juga memperbaiki sirkulasi, meningkatkan kekuatan dan kekencangan otot dan membangun daya tahan,” ujar Fletcher.

Berenang juga membakar kalori, membantu meredakan kelelahan dan membuat tidur lebih nyenyak. Olahraga teratur seperti berenang juga membantu Anda mengatasi tantangan emosi dan fisik selama kehamilan

0 komentar:

Poskan Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More