Kamis, 31 Maret 2011

Risiko Kematian Perokok Mentol Lebih Rendah

MEREKA yang gemar mengisap rokok rasa mentol berisiko lebih kecil terkena kanker paru-paru. Fakta itu diungkap peneliti asal Amerika Serikat setelah meneliti 85.806 perokok berat di negara tersebut. Hasil penelitian kemudian dipublikasikan secara online dalam Journal of National Cancer Institute edisi Maret 2011.

William J Blot dan rekan-rekannya meneliti ribuan perokok mentol dan nonmentol. Peneliti dari Vanderbilt-Ingram Cancer Center di Nashville dan International Epidemiology Institute, Rockville, itu mengidentifikasi 440 pasien kanker paru-paru dari berbagai ras, usia, dan jenis kelamin.

Dari penelitian itu, mereka menemukan rokok mentol berpengaruh pada kasus kematian akibat kanker paru-paru. Potensi perokok mentol terkena kanker paru-paru lebih rendah ketimbang perokok nonmentol. Misalnya mereka yang menghisap rokok mentol sekitar 12 kali lebih berisiko menderita kanker paru-paru. Sedangkan mereka yang menghisap rokok nonmentol sekitar 21 kali lebih berisiko.

Para peneliti pun menyimpulkan bahwa rokok mentol mungkin memiliki bahaya yang lebih sedikit jika dibandingkan dengan rokok nonmentol. Tapi bagaimanapun, cobalah membiasakan diri untuk tak merokok agar hidup lebih sehat, kan?

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More