Jumat, 25 Maret 2011

Google Me Percobaan Google Yang Kesekian Kali Untuk Menaklukan Facebook

Google lagi-lagi melakukan percobaan kesekian kali untuk membunuh Facebook, setelah Google Buzz, rumor yang cukup santer sekarang ialah Google Me. Tidak terlalu jelas mengenai kebenaran berita ini, karena baru sebatas rumor, yang di lontarkan pendiri Digg, Kevin Rose, via 140 karakter di Twitter:

Twitter Kevin Rose
Lalu seperti apa Google Me ini? Menurut Rose – dengan penekanan sumber sangat terpercaya – ia akan menjadi pesaing Facebook. Maka tentunya ia sebuah jejaring sosial (lagi?). Situs The Next Web berspekulasi bahwa nantinya mainan baru Google ini merupakan gabungan antara 2 situs jejaring sosial milik Mountain View, yaitu Orkut dan Google Buzz!
Alasan paling masuk akal menggabungkan 2 situs sosial tersebut untuk menyaingi Facebook, karena pengguna Orkut dan Google Buzz jika di total berjumlah 200 juta pengguna – setengah dari jumlah pengguna Facebook yakni 400 juta – dan bagus untuk dijadikan starting point.
Jika spekulasi The Next Web benar, maka keputusan itu memang sangat jitu sebagai amunisi untuk memulai perang dengan Facebook, yang memang tanpa tanding di bisnis bergaul ini.
Bagi saya tindakan Google hanyalah sia-sia karena Facebook sudah memenuhi semua kebutuhan penting yang diperlukan penggunanya, itu jika Google Me tidak menawarkan inovasi selain hanya mengumpulkan fitur-fitur yang telah ada baik di FB dan Twitter kemudian menyusunnya. Lalu buat apa pengguna FB dan jejaring sosial lainnya beralih ke Google Me jika menu yang sama mereka temui?
Belum lagi, kebanyakan pengguna FB merupakan pedagang dan pebisnis yang tentunya akan berat hati hijrah ke lain tempat karena Facebook Fan Page (sekarang Like) mereka sudah memiliki puluhan ribu bahkan ratusan ribu klien
Selain itu memiliki akun di sebuah situs jejaring sosial dewasa ini sama saja memilki KTP, tentu punya banyak akun situs bergaul lainnya, sama saja kita memiliki sejumlah KTP. Nah siapa yang mau hal itu terjadi?
Jawaban satu-satunya ialah sebuah INOVASI untuk mendandani Google Me agar dilirik, kalau tidak ada inovasi lebih baik kubur saja mimpi untuk membunuh Facebook. Mengoptimalkan mesin pencari merupakan perkerjaan pintar daripada terjun ke bisnis jejaring sosial – karena Facebook sekarang ini sedang menempa mesin pencari baru mereka (Open Graph search feature) yang di isukan untuk menaklukan dominasi Google!
Melihat agresifitas Google yang tampaknya ingin melakukan dan menguasai segalanya membuatnya mirip EVIL bertolak belakang dengan slogan mereka “Don’t Be Evil”. Bagaimana tidak, dari mesin pencari, layanan email, mobile phone, browser, sistim operasi dan banyak lagi dan kini jejaring sosial…fuihh…semuanya mau di genggam!

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More