Jumat, 25 Maret 2011

Java dan Android Ada di Blackberry Playbook

Playbook. news.cnet.com
TEMPO Interaktif, Waterloo - Menjelang peluncuran komputer tablet Blackberry Playbook, Research In Motion (RIM) memastikan rumor yang berkembang tentang platform pendukung Java dan Android. RIM memastikan Playbook bakal bisa menjalankan aplikasi java dan android. 

"Kedua aplikasi player ini akan memberikan pilihan yang lebih besar bagi pengguna," ujar Mike Lazaridis, President and Co-CEO at RIM dalam siaran persnya yang diterima Tempo, Jumat 25 Maret 2011. 

Dengan aplikasi ini, pengguna akan mudah mengunduh aplikasi Blackberry Java dan Android dari Blackberry World dan menempatkan di tempat yang aman yang disebut sanbox. Setelah itu pengguna akan dapat memainkannya di Playbook mereka. 

Selain menguntungkan pengguna, teknologi ini juga bakal memberi peluang baru bagi para pengembang. Pengembang akan dengan mudah menjangkau pengguna aplikasi ini, sebab Blackberry Playbook juga akan mendukung pada C/CC++ development support, HTML5, Flash dan AIR support. 

Saat ini para pengembang telah menciptakan lebih dari 25 ribu aplikasi Blackberry Java dan lebih dari 200 ribu aplikasi android.

Untuk mendukung fitur game, tablet Blackberry ini ditanami dengan sistem operasi NDK. Teknologi hasil kerjasama dengan Ideaworks Labs dan Unity Technologies. Idea Labs juga bakal menanamkan SDK di tablet Blackberry ini. "Teknologi ini bakal menantang para pengembang," ujar Alex Caccia, President of Ideaworks Lab. 

RIM merencanakan bakal meluncurkan BlackBerry PlayBook di Amerika Serikat dan Kanada pada 19 April mendatang. 

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More