Kamis, 07 April 2011

Panduan Singkat Mengenali Dim Sum

Sebuah perjalanan tak akan lengkap tanpa mencicipi makanan lokal terbaik di tempat tujuan. Benua Asia menawarkan banyak pilihan, dari makanan jalanan di Hong Kong sampai sajian pedas di Sichuan. Salah satu yang mesti Anda coba adalah dim sum, seni kuliner tradisional dari Cina Selatan yang rasanya telah menawan banyak orang, terutama di negara dengan pengaruh Cina yang kuat seperti di Cina (duh, tentu saja), Singapura, Hong Kong, Taiwan dan sebagainya.

Dim sum


Dim sum (yang arti sebenarnya: "menyentuh hati") adalah sebuah pilihan hidangan Cina yang terdiri dari berbagai makanan ringan. Biasa disajikan sebelum tengah hari, dim sum dinikmati bersama teh (yum cha), dan jadi bagian besar dari hidangan Asia. Tak heran, Anda bisa menemukan banyak restoran yang menyajikan dim sum sepanjang hari. Dim sum biasanya dikukus, dipanggang atau digoreng, dan dihidangkan dalam wadah bambu. Berikut ini petunjuk akan beberapa hidangan dim sum yang populer.

Siew Mai

Photo Credits - avlxyzHar Gau (lihat gambarnya di bawah ini) dan siew mai (siomay) adalah kombinasi hidangan dim sum yang paling populer. Berkali-kali memakan dim sum, saya selalu memesan keduanya. Inilah dua hal pertama yang akan dipesan oleh ayah saya saat memakan dim sum. Jadi saat kami memikirkan mau makan apa lagi, kami melakukannya sambil mengunyah makanan nikmat ini. Siew mai asli Kanton biasanya terbuat dari daging babi dan jamur, tapi kini Anda bisa menemukan berbagai jenis siew mai sesuai keinginan Anda.

Har Gau

Kredit foto - Nate RobertSaya lebih suka Har Gau (kukusan udang) dibanding siew mai. Kulit har gau — yang lebih tipis dan transparan — membungkus udang yang segar dan gendut sehingga membentuk kantong. Biasanya dicelup di campuran kecap, cuka beras bahkan kombinasi mayones dan sambal. Makanan ini mudah jadi favorit, jadi pastikan Anda memesan cukup banyak supaya masing-masing bisa kebagian.

Cheong Fun

Kredit foto - WendaliciousMakanan ini berupa gulungan mi beras tipis yang diisi daging, sayur dan berbagai bahan lain. Sebelum disajikan, gulungan ini akan dipotong menjadi beberapa bagian dan sesendok kecap akan dituang di atasnya. Hidangan ini hadir dengan berbagai jenis daging, seperti udang, sapi, char siew, dan youtiao (stik roti goreng Cina), ayam atau ikan. Favorit saya adalah cheong fun dengan youtiao, youtiao goreng renyah yang dibungkus mie tipis akan meleleh di mulut berkat campuran kecap.

Bao

Kredit foto - avlxyzTipe bao yang paling populer adalah char siew bao, yang artinya bakpao babi panggang. Ini adalah roti lembut bertekstur unik, yang diisi char siew di tengahnya. Char siew adalah tenderloin babi yang dipanggang perlahan sampai rasanya lembut dan manis, yang pas dengan roti empuk di luarnya. Meski char siew bao adalah hidangan dim sum populer, saya tidak terlalu menyukainya. Rasanya sih enak,tapi ini sangat mengenyangkan. Saya lebih memilih tidak makan char siew bao sehingga bisa makan dim sum lain lebih banyak.

Kue Daikon & Taro

Kredit foto - avlxyzIni satu lagi pasangan populer saat memesan dim sum. Dua-duanya terlihat mirip, biasanya dipotong kotak dan digoreng sebelum disajikan. Renyah di luar, tapi lembut di dalam. Kue Daikon terbuat dari parutan lobak dan tepung sementara Kue Taro terbuat dari talas.

Dan Tat

Kredit foto - avlxyzDan Tat (Egg Tart) adalah versi Kanton dari tart telur dan vla yang populer di berbagai belahan dunia. Kue ini awalnya ditawarkan untuk bersaing dengan restoran dim sum, tapi ironisnya kue ini justru menjadi bagian dari pengalaman makan dim sum. Banyak variasi yang tersedia, termasuk tart putih telur, tart susu, tart madu-telur dan tart sarang burung.

Jin Dui

Kredit foto - Charles HaynesJin Dui (Bola Wijen) adalah roti goreng berbentuk bola yang luarnya dilapisi biji wijen, sehingga renyah dan kenyal. Roti ini biasanya diisi pasta lotus, kacang merah dan kacang hitam. Tetapi zaman modern ini, jin dui juga diisi cokelat dan bahkan durian.

Chun Juan

Kredit foto - avlxyzIni bukanlah sajian dim sum yang khas, karena mudah Anda temukan di berbagai negara dengan macam berbeda. Meski begitu, jenis gorengan yang bisa Anda temukan di restoran dim sum biasanya diisi macam-macam daging.

Fu Pi Quan

Kredit foto - avlxyzMakanan ini mirip lumpia, tapi perbedaannya, lapisan luarnya terbuat dari kulit tahu. Sama seperti lumpia, ada versi goreng dan rebus dengan berbagai jenis isian daging di dalamnya.

Fung Jeow

Kredit foto - avlxyz"Ekor Phoenix" adalah nama mewah makanan ini, nama awamnya adalah ceker ayam. Kaki ayam ini pertama-tama akan digoreng kering atau direbus sehingga menggembung, lalu dikukus dan direndam dalam saus kacang hitam. Hasilnya adalah hidangan yang lembap, lembut dan penuh rasa, meski berisi banyak tulang kecil.

Lo Mai Gai

Kredit foto - Jason LamTerjemahannya cukup panjang: nasi ketan kukus dibungkus daun lotus. Nasi ketan ini akan diisi daging ayam atau berbagai sayuran lainnya, yang kemudian akan dibungkus daun lotus lalu dikukus. Hidangan ini gurih dan penuh rasa, aroma daun lotus dan ayam meleleh ke nasi ketan. Dim sum favorit saya.

Jelly Almond

Kredit foto - jetaloneHidangan penutup ini awam ditemukan dan terbuat dari almond Cina yang manis. Ekstrak susu almond dimaniskan lalu dipanaskan dengan medium agar-agar. Setelah didinginkan, hasilnya adalah puding seperti tahu yang rasanya almond manis.

Puding Mangga

Kredit foto - avlxyzInilah hidangan penutup favorit saya: puding mangga. Puding yang sempurna, bertekstur halus seperti sutera, kaya rasa dan menyegarkan. Sebuah cara sempurna untuk mengakhiri pesta dim sum Anda.
-----------------------------------------------------------------------------------

Tentang Penulis


Nikolas Tjhin adalah editor Unearthing Asia, majalah perjalanan yang fokus pada gaya hidup, budaya dan atraksi seputar Asia.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More